Senin, 18 Januari 2010

Musik

Dunia Musik Indonesia

Dulu, orang (termasuk juga saya) kebanyakan menganggap dunia hiburan Indonesia sungguh merupakan lelucon karena ketidakmampuannya untuk menunjukkan sesuatu yang dianggap menghibur. Pandangan itu sepertinya mulai menghilang dan digantikan suatu paradigma baru bahwa sesungguhnya Indonesia sendiri dimasa-masa ini telah mulai melahirkan insan-insan yang mampu membawa nama Indonesia ke mata dunia internasional.

kini dunia internasional melihat Indonesia bukanlah anak kecil seperti yang dulu, sekarang Indonesia dapat digambarkan sebagai seorang remaja yang selalu berinovasi untuk menjadi dewasa. dalam menggapai mimpi itu, tidak sedikit seniman Indonesia baik dalam bidang perfilman maupun musik bekerja keras dengan cara mereka sendiri, secara independen, bebas dan kreatif menciptakan suatu karya seni yang mampu bersaing dengan negara lain. Indonesia mulai menunjukkan kebolehannya untuk menduduki peringkat teratas dunia hiburan internasional.

Dalam post-post saya yang lalu, saya menyayangkan dunia film indonesia yang tidak memuaskan dan itu adalah pandangan pribadi saya apapun pendapat anda. saya masih sangsi film indonesia dapat merebut tempat negara lain. Walaupun demikian saya tidak memungkiri bahwa insan-insan perfilman Indonesia mulai bangkit dari tidurnya yang lama.

Beralih dari topik dunia film Indonesia, kini kita beralih ke dunia musik indonesia. Dunia musik Indonesia sudah lama berkembang dan lebih memperlihatkan keindahan alunannya di dunia internasional bila dibandingkan dengan dunia perfilman. musik indonesia sejak tahun-tahun di masa lalu telah menunjukkan warna khasnya. seiring waktu, musik Indonesia semakin berkembang dengan mengembangkan genre musik yang lebih luas. mereka sudah tidak terpaku pada satu genre saja, misalnya pop music saja. kini, musik Indonesia mendengarkan alunan jazz, pop, rock, rap, metal, had rock, nu metal, blues, pop rock, reggae, accapela, alternatives, ballad, hip hop, ska, dll.

Namun bagi saya adalah suatu yang yang mengecewakan bahawa tema musik Indonesia didominasi tema “cinta”. memang ”cinta” -kata yang tidak suka saya ucapkan- adalah ungkapan perasaan manusia -katanya-. karena itulah banyak musisi yang memilih tema cinta. saya mulai berpikir. apa karena tema cinta yang disukai para remaja sehingga pemusik memilih tema itu? yah, itu kan juga salah satu kemungkinan. mungkin saja pemusik memilih tema cinta supaya meraup keuntungan yang lebih besar.

saya kira ada banyak tema yang bisa dipilih; persahabatan, kehidupan, ketuhanan, keindahan, dilema, politik mungkin. saya sudah bosan dengan semua lagu bertemakan cinta. hampir sama dengan sinetron indonesia yang bertema sama. ayolah, berubah. Kotaro Minami aja bisa brubah jadi satria baja hitam, kita pasti juga bisa!

Ada bumbu yang kurang dalam musik-musik Indonesia. Remix and sound effect. yup, memang kurang. musik akan jadi menarik bila ditambahkan mix dan sound fx yang tepat dan tidak berlebihan. khususnya untuk mereka yang vokal. saya rasa alangkah baiknya bila dipadukan dengan sedikit mix dan fx. bahkan untuk mereka yang berkarya dalam band, tidak ada salahnya menambahkan bumbu-bumbu tadi. contoh yang baik adalah musik dari jepang. anak muda disana kreatif banget.

Then bicara sedikit tentang musik jepang. kreatif. bebas. nyantai. mereka cuma mau berkarya tanpa dipengaruhi faktor/pengaruh luar. cuma satu hal yang agak mengganggu pikiran saya bahwa mereka cukup sering menambahkan lyrics bahasa inggris kedalam lagu mereka sehingga yaah.. aneh menurutku. Musik jepang lebih cocok dibawakan dalam bahasa jepang. catatan: aku biasa dengar lagu jepang lewat lagu2 anime-lagu soundtrack , tapi tak masalah karena lagu-lagu anime diambil dari album artists yang sudah dikenal seperti Yui, UVERworld, Orange Range, Younha, Larc en ciel, home made Kazoku, High and Mighty Color, Rythem, dll. kalo masalah lyrics dan terjemahannya aku saya selalu check di www.animelyrics.com situs yang lumayan bagus dan lengkap. lyrics anime dan j-pop bahkan game. di luar lirik musicknya, saya pikir indonesia perlu mencontoh gaya musik dan pembawaan musik jepang.

Kembali ke Indonesia, faktor yang mulai berkembang ke arah positif dalam dunia musik indonesia adalah video klip. kini video klip hits single hits para artis sudah begitu mernarik dan berseni. tidak seperti video2 klip yang dulu saya sayangkan. ini salah satu indikator bahwa bangsa indonesia mulai unjuk gigi. keep up the good job work, directors!

That’s for now, saya menunggu terciptanya dunia musik indonesia yang selalu menanti selalu lebih baik. Dunia musik ini harus selalu berotasi, mengembangkan kelebihan dan menutup kekurangan, bervariasi dan selalu berinovasi dalam karyanya. dunia ini juga harus berevolusi, belajar dari dunia musik negara lain. mungkin demikian.



1 komentar: